Manajemen Bisnis









  Manajemen sebagai sebuah ilmu tentu tidak terbatas pada lingkup teori semata, tetapi mencakup praktek dalam dunia nyata. 

    Istilah manajemen lazim disandangkan pada urusan bisnis - padahal untuk sekedar tahu saja - tidak hanya bisnis yang perlu di-manage (dikelola). Saat ini beberapa perguruan tinggi membuka program keilmuan manajemen untuk urusan pendidikan, rumah sakit dan lain-lain.

Di blog ini kita  akan membahas ilmu manajemen lain selain manajemen untuk bisnis. Apakah saya dalam hal ini termasuk orang yang kompeten menulis definisi dan paparan tentang manajemen bisnis? Bukan, tentu saja saya bukan orang yang tepat untuk menjabarkan panjang lebar tentang ilmu manajemen bisnis saat ini.

Tapi saya ingin sedikit berbagi, setidaknya ada 4 bidang yang perlu diperhatikan dalam 

menguasai manajemen bisnis, yaitu mengenai Operasional, Pemasaran, Keuangan dan Sumber Daya Manusia. Keempat bidang ini saling berkaitan satu sama lain.


Mengenai operasional yang pertama perlu diperhatikan adalah urusan produksi

     Dalam menjalankan bisnis tidak harus memproduksi sendiri, tetapi bisa menggunakan jasa makloon (menggunakan jasa orang lain dalam memproduksi). Sebagai seorang wirausaha perlu dipikirkan apakah akan memproduksi sendiri barang dagangannya atau menggunakan jasa orang lain.



Ketika kekuatan bisnis Anda terletak pada pemasarannya, sebaiknya urusan produksi diserahkan kepada orang lain. 

     Namun jika memang Anda memiliki modal utama dalam bidang produksi, sebaiknya manfaatkan kekuatan tersebut dan carilah partner yang mampu memasarkan produk Anda kepada konsumen. 

Selanjutnya dalam bidang operasional yang perlu diperhatikan adalah pengecekan barang di dalam gudang. Ini jika usaha Anda berupa barang. Data mengenai perputaran produk di tempat penyimpanan barang (gudang atau stok di display) sangat penting untuk selalu diperbarui.


Bagaimana jika yang dijual adalah jasa? Pengalaman kami menjalankan bisnis travel umroh dan haji plus, sistem operasional yang perlu diperhatikan dalam bidang jasa adalah kejelasan fasilitas yang didapatkan oleh konsumen. Kami selalu berharap pengguna jasa kami merasa puas, menjadi percaya kepada kami dan memberikan rekomendasi yang baik

 kepada sanak famili maupun rekan-rekan mereka yang lain. Hal lain adalah aturan yang jelas perlu dibuat dalam memberikan pelayanan kepada konsumen. Misalnya dalam pemberangkatan umroh/haji, kami membuat aturan mengenai pembayaran, pelunasan dan pembatalan.

Bidang yang selanjutnya adalah mengenai pemasaran

Seorang wirausaha harus sudah menentukan bentuk pemasaran untuk produk/jasa yang akan ditawarkan kepada konsumen. 

Saya yakin, banyak orang menggunakan the power of mouth to mouth dalam memasarkan produk/jasanya. 

Selain itu, saya dengan minat saya sendiri berupaya mempromosikan usaha kami lewat dunia internet. 
Cobalah masuk ke situs penjualan seperti Indonetwork, Tokobagus, Kaskus dan jangan remehkan kekuatan blog gratisan... 


Kemudian yang perlu dipikirkan adalah mengenai keuangan

      Arus kas masuk dan keluar sangat penting untuk dicatat harian. Sementara dalam periode 1 sampai 3 bulan minimal perlu dibuat neraca dan laporan laba guna mengetahu perkembangan usaha.

 Saya membantu suami membuat laporan keuangan sederhana, kami tidak melibatkan diri pada permodalan dari bank untuk saat ini, mudah-mudahan untuk selanjutnya bisa mandiri.

Hal yang terakhir adalah mengenai sumber daya manusia


Dalam menentukan siapa di posisi apa tentu masing-masing orang memiliki pertimbangannya sendiri. 



Semua bidang yang perlu dikelola dalam sebuah bisnis merupakan satu kesatuan.

 Keputusan mengenai operasional akan mempengaruhi pola keuangan dan keputusan dalam meng-hire pekerja (SDM). 

Keputusan mengenai pemasaran akan mempengaruhi pola keuangan dan juga persoalan SDM. Keputusan mengenai keuangan mempengaruhi persoalan SDM dan mengenai SDM mempengaruhi keputusan mengenai keuangan. 

Setidaknya itu yang dapat saya simpulkan dari hasil pengamatan saya secara pribadi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manajemen Bisnis"

Post a Comment